Wednesday, July 15, 2015

Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Sakit Gigi mungkin bukan hal yang baru lagi untuk sebagian orang, Ketika sakit gigi melanda, kita mempunyai 2 pilihan yaitu mengkonsultasi dengan dokter & mencari obat untuk menghilangkan sakit gigi.
Memang lebih bagus mencari dokter akan tetapi kita juga perlu men-Stock obat anti sakit gigi untuk mengantisipasi apabila tengah malam sakit gigi menyerang dan tentunya di jam itu Dr Gigi pada tutup. Obat sakit gigi yang dicari bukan sembarang obat, tapi obat yang manjur. Tapi tenang saja. Banyak obat untuk mengobati sakit gigi dengan tepat.
Yang pertama adalah obat untuk mengatasi infeksi. Untuk itu digunakan obat antibiotik, seperti amoksisilin (Kalmoxillin, Amoxsan, Penmox) yang diminum 3 kali sehari. Obat ini merupakan antibiotik spkterum luas yang cocok untuk mengatasi infeksi oleh berbagai jenis bakteri. Pilihan berikutnya adalah Clindamycin (Clinmas, Clinjos, Climadan) yang diminum 2 kali sehari. Ini merupakan antibiotik yang mempunya kemampuan menembus jaringan lunak dan nanah, sehingga sangat cocok untuk mengatasi infeksi pada gusi. Kedua antibiotik tersebut selama ini terbukti masih efektif mengatasi infeksi gigi dan gusi.
Obat berikutnya adalah untuk mengurangi rasa sakit (nyeri). Obat AINS seperti asam mefenamat (Mefinal, Ponalar, Ponstan) merupakan obat yang populer untuk mengatasi rasa nyeri. Namun obat ini tidak boleh diminum selama 1 minggu berturut-turut, sebab ada efek samping berupa kerusakan sel darah merah. Selain asam mefenamat, diklofenak, baik natrium maupun kalium diklofenak (Voltadex, Cataflam) merupakan obat yang cukup efektif mengatasi rasa nyeri. Bahkan ada yang diformulasikan untuk reaksi yang cepat seperti Cataflam Fast.
Jadi untuk mengobati sakit gigi, setidaknya perlu 2 hal tersebut, yaitu obat antibiotik dan pengurang nyeri. Jika dengan meminum obat tersebut sembuh, namun masih sering kambuh kembali, ada alternatif lain, yaitu cabut gigi.
Untuk mencegah sakit gigi selalu ingat untuk rajin mensikat gigi di pagi dan malam hari dan kurangi memakan makanan yang manis, jagalah kesehatan gigi anda karena itu merupakan investasi anda sampai tua.
Semoga info ini bermanfaat untuk pembaca semua.

2 comments: